Art Ria Crafts by Monica Ria Art Ria Crafts: Berkebun Yokkkk !

Hmmmm ..... hari belakangan ini banyak moody nya, lagi banyak yang dipikirin, pusink jadinya.
Mo bikin crafts lagi ga ada ide, ada pesanan sich tapi blom selesai semua, sabar ya buat yang pesan, bentar lagi kelar koq, kalo pesanan gini mah mesti ngalahin moody dulu, kalo ngga bisa gawat, kepercayaan gitu lho.

Oya, di sini kan lagi musim hujan, ada untungnya buat aq, udah adem juga tanamanku jadi pada trubus, bunganya pada bermekaran, seneng aja ngeliatnya. Segar di mata.
Kaya' yang satu ini nich :

Bunga Penutup Tanah

Yang bunganya agak gedean, namanya Sutra Bombay, warnanya putih, ungu, kadang putih salur pink, kadang belang kaya' di foto itu.
Tekstur bunganya halus, ya kek sutra gitu, mudah layu tapi cepat tumbuh bunga baru n cepat mekar pula. Mudah tumbuh n diperbanyak, tinggal petik batang trus tancep ke dalam tanah, selang beberapa hari pasti ada kuncup baru.

Bunga Ungu yang kecil namanya Krokot, sama cara mengembangbiakkannya, warna bunganya lebih variatif, ada ungu, kuning, pink, ama merah.

Bunga yang warna kuning, aq ngga tau namanya, tapi cantik juga kan.
Ketiga tanaman ini termasuk jenis tanaman penutup tanah. Makanya kalo punya sebidang tanah di depan pagar rumah, cantik kalo ditanami dengan jenis tanaman ini, jadi hamparan bunga. Kebetulan kan ketiganya suka mandi sinar matahari.

Tapi berhubung aq ngga punya tanah yang bisa ditanami di depan pagar rumahku, jadilah aq tanam di tempat itu.
Tau nggak itu tempat apa ?
Hmmmm ..... jangan dihina ya, itu bekas tempat peralatan mandi yang biasa di taruh di dinding kamar mandi itu lho.
Kebetulan kamar mandiku abis direnovasi, jadi njomplang kalo dipasang tempat ini, mau dibuang sayang, kaya'nya masih bisa dimanfaatin untuk yang lain.
Trus kepikir dibuat pot aja, so bagian bawahnya aq lubangi pake' bor, pinjem punya Hubby, trus aq cat bodynya, pengennya bukan warna putih, tapi daripada beli lagi, akhirnya pake' cat ku yang ada aja.
Ya jadilah seperti itu, lumayan buat penghijauan, terapi mata juga hati.

Yang trubus bukan hanya bunga - bunga itu, koleksi keladiku juga. Sekarang lumayan aman, daunnya ga dimakanin tikus - tikus got, coz tikus - tikusnya da aq basmi, mpe bikin geger para tetangga, coz banyak yang mati saat itu, termasuk seekor kucing.

Koleksi Keladi
Tapi ngga semua tanamanku subur, Eeuphorbiaku malah banyak yang busuk, gara - gara sering kehujanan, so jadi dipindahin supaya ga kena air hujan secara langsung.
Sampe sekarang blom pulih seperti sedia kala, terlalu banyak kandungan airnya kali.
Jadi aq jarang2 siraminnya.
Oya supaya tanamannya subur, banyak bunga ( jika yang berbunga ) jangan lupa dipupuk ya, kalo aq pake Dekastar, secukupnya aja. OK, selamat berkebun.

1 komentar

  1. Tiwi // December 8, 2007 at 6:32 PM  

    Halaman belakangku gersang tuh, duluuu...aku bikin Japanese Garden, ada pohon bambu juga. Tapi sejak anak lahir, misuaku pasang tegel semua hiks!

    Wah, kamu telaten loh jeng...ampe berani basmi tikus demi taneman. Tapi itu kucing...oh nasib! :(